Makanan Untuk Penderita Tukak Lambung

Inilah beberapa makanan untuk penderita tukak lambung yang bagus dikosnsumsi sehari-hari guna membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit tukak lambung disamping konsumsi obat.

Makanan Untuk Penderita Tukak Lambung

Makanan Untuk Penderita Tukak Lambung Yang Bagus Dikonsumsi

Tukak lambung adalah kondisi dimana munculnya luka pada dinding lambung sebagai akibat terkikisnya sel dinding lambung oleh asam lambung.

Selain karena terkikisnya lapisan lampung oleh asam lambung, munculnya tukak dilambung bisa disebakan oleh infeksi bakteri H. pylori.

Bakteri tersebut akan merusak lapisan mukosa dan saluran pencernaan dengan membuatnya kurus dan lemah.

Kondisi tersebut bisa menimbulkan ancaman serius jika tidak diatasi dengan dengan serius, sehingga jangan pernah anggap remeh penyakit tersebut.

Dianjurkan segera melakukan penanganan dan pengobatan yang serius jika anda atau orang terdekat anda mulai mengalami gejalanya yakni berupa : perut terasa perih dan nyeri dimana nyeri bisa menyebar ke leher, pusar hingga pusing, nyeri lebih sering muncul di malam hari dan nyeri akan semakin bertambah jika perut kosong.

Pada sebagian kasus, penderita tukak lambung juga akan merasakan nyeri ulu hati, nafsu makan berkuang, mual muntah serta mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

Yang harus diwaspadai dan segera temui dokter adalah ketika penderita mengalami muntah darah, tinja dengan darah atau berwarna hitam, serta sakit perut menusuk yang muncul tiba-tiba dan terus bertambah parah.

Kondisi tersebut menunjukan bahwa telah terjadi pendarahan di lambung sehingga perlu mendapatkan penanganan intensif dari dokter.

Dalam pengobatan tukak lambung, biasanya dokter akan meresepkan obat antibiotik dalam menyembuhkan tukak lambung.

Namun disamping itu ada beberapa hal yang mesti dilakukan oleh penderita tukak lambung jika ingin sembuh dengan cepat atau mencegah penyakit tukak lambung berkembang lebih yakni dengan cara mengkonsumsi makanan yang bisa membantu menyembuhkan tukak lambung.

Makanan Untuk Penderita Tukak Lambung

Berikut ini adalah beberapa makanan untuk penderita tukak lambung yang bagus dikonsumsi sehari-hari karena terbukti mampu membantu menyembuhkan penyakit tukak lambung, yakni :

1.) Madu

Madu memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membantu proses penyembuhan infeksi yang terjadi dalam lambung akibat bakteri H. pylori dengan cara melawan dan memusnahkan bakteri tersebut.

Lebih dari itu, madu juga dapat meringankan rasa nyeri diperut serta mampu melapisi luka pada dinding lambung akibat iritasi agar tidak semakin parah.

2.) Yogurt

Yogurt mengandung bakteri baik yang dapat membunuh berbagai kuman yang hadir dan berkembang di lampung sehingga baik dikonsumsi oleh penderita penyakit lambung.

Minuman yogurt juga dapat meringankan rasa nyeri diperut akibat tukak lambung.

3.) Sereal

Didalam sereal terkandung karbohidrat tinggi yang dapat meringankan rasa nyeri akibat maag dan tukak lambung. Selain itu, sereal juga mengandung serat yang bagus untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan serta meningkatkan sistem pencernaan.

4.) Kubis

Kubis mengandung banyak asam amino, L-glutamin, dan Gefarnate yang efektif meringankan dan menghilangkan nyeri akibat maag dan tukak lambung.

Disamping itu, kandung didalam kubis juga dapat membantu menyembuhkan luka di lambung serta melindungi lapisan lambung agar tidak muncul luka baru dengan cara meningkatkan produksi lendir yang melapisi dan melindungi lambung.

5.) Bawang Putih

Bawang putih diketahui memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat melawan dan menganhurkan berbagai macam bakteri termasuk bakteri penyebab maag dan tukak lambung.

6.) Kentang

Selanjutnya makanan untuk penderita tukak lambung adalah kentang, kentang terbukti dapat memberikan efek tenang pada penderita sakit maag sehingga rasa sakit yang sering muncul bisa berkurang dengan mengkonsumsi kentang.

Namun pastikan bahwa anda tidak mengkonsumsi kentang goreng melainkan kentang direbus atau dikukus.

Itulah beberapa makanan untuk penderita tukak lambung yang bagus dikonsumsi sehari-hari guna membantu mempercepat proses penyembuhan luka di lambung disamping mengkonsumsi obat, baik itu obat dokter atau obat tradisional tukak lambung.

Disamping itu, sangat penting juga bagi penderita tukak lambung untuk menghindari pantangan makanan, mengatur jadwal makan menjadi lebih sering dan sedikit-sedikit guna mengindari perut kosong, kendalikan stress dan berdo’a.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *