Pertolongan Pertama Saat Asam lambung Naik Atau Kambuh

Jika gejala asam lambung anda kambuh makan inilah pertolongan pertama saat asam lambung naik atau kambuh yang sebaiknya anda lakukan guna meringankan gejala sehingga anda tidak dibuat menderita oleh penyakit asam lambung tersebut dan andapun bisa tetap melakukan aktivitas tanpa terganggu.

Sebagian besar penderita asam lambung akan sangat tersiksa ketika penyakit asam lambung mulai naik atau kambuh, mengingat jika asam lambung kambuh bisa menyebabkan dada teras panas dan nyeri ulu hati, perut menjadi tidak nyaman hingga mengalami sesak nafas.

Kondisi tersebut jelas akan mengganggu dan menghambat aktivitas yang tengah dilakukan mengingat penyakit asam lambung tidak kenal kompromi yakni bisa terjadi dan menyerang kapan saja dan dimana saja serta bisa menibulkan bahaya jika tidak cepat diatas ( Baca : Bahaya Asam Lambung Naik )

Pertolongan Pertama Saat Asam lambung Naik

Pertolongan Pertama Saat Asam lambung Naik Atau Kambuh

Bagi anda penderita penyakit asam lambung maka penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana pertolongan pertama saat asam lambung naik sehingga gejala yang muncul bisa dengan cepat berkurang dan andapun bisa beraktivitas kembali.

Berikut ini adalah bagaimana pertolongan pertama saat asam lambung naik yang sebaiknya anda lakuka,yakni :

Jangan Panik

PERTAMA anda jangan panik jika penyakit asam lambung yang anda derita kambuh karena rasa panik justu akan membuat asam lambung semakin cepat naik.

Minum Air Hangat

Selanjutnya ambilah air hangat dan minum sedikit-sedikit secara perlahan guna mengindari mual.

Air hangat diketahui mampu menestralkan asam lambung sehingga sangat tepat jika anda konsumsi pada saat asam lambung anda kambuh.

Mengunyah Daun Mint

Jika disekitar anda terdapat daun mint maka kunyahlah daun mint tersebut untuk membantu meringankan gejala asam lambung, karena daun mint dipercayai ampuh dalam menetralkan asam lambung sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Minum Jus

Untuk meredakan gejala asam lambung pada saat kambuh anda juga bisa mengkonsumsi jus selain mengkonsumsi air hangat.

Cara konsumsinya sama yakni diminum sedikit-sedikit secara perlahan, bahkan konsumsi jus lebih baik ketimbang konsumsi air hangat/

Mengunyah Permen Karet

Jika pada saat asam lambung anda kambuh ditempat yang terduga dan anda sulit untuk mendapatkan air hangat maka anda bisa mengunyah permen karet, untuk itu disarakan senantiasa membawa permen karet dengan rasa mint jika penyakit asam lambung anda sering atau mudah kambuh.

Kunyahlah permen karet selama setengah jam, alasannya karena pada saat kita mengunyah permen karet maka dapat merangsang air liur diproduksi lebih banyak dalam mulut yang mana air liur memiliki fungsi menetralkan asam lambung.

Melakukan Pemijatan Telapak Kaki ( Refleksi )

Pada sebagian kasus ada penderita yang melakukan pemijatan pada telapak kami untuk meringankan gejala asam lambung pada saat kambuh dan tidak adalah salahnya jika anda coba.

Bagian telapak kaki yang bisa anda pijit lebih tepatnya urut adalah bagian tengah telapak kaki diurut dari atas ke bawah dengan ditekan sedikit lebih kuat.

Hal tersebut bisa membantu penderita asam lambung mengeluarkan angin sehingga gejala bisa sedikit mereda mengingat pada telapak kaki bagian tengaj terdapat syaraf-syaraf lambung.

Lalu jika saat asam lambung kambuh membuat anda merasa sakit kepala maka untuk meringankan sakit kepala akibat asam lambung naik anda usahakan untuk bisa muntah dengan begitu maka rasa sakit bisa sedikit berkurang.

Jika gejala sudah mulai berkurang maka untuk mencegah penyakit asam lambung kambung sebaiknya anda menghindari pantangan makanan bagi penderita asam lambung dan mengkonsumsi obat asam lambung.

Demikian informasi singkat tentang pertolongan pertama saat asam lambung naik atau kambuh ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah meyimak dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *