Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Lambung

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Lambung .- Makanan menjadi salah satu faktor yang dapat memicu timbulnya serta kambuhnya penyakit asam lambung, untuk itu bagi anda yang saat ini memiliki riwayat penyakit asam lambung anda tidak bisa sembarang mengkonsumsi makanan.

Salah mengkonsumsi makanan atau minuman maka penyakit asam lambung bisa kambuh atau semakin parah dan itu berbahaya.

Jika penyakit asam lambung yang anda derita kambuh maka sudah pasti akan menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan pada sebagian kasus akan sangat menyiksa.

Betapa tidak ? mengingat pada saat asam lambung kambuh dan naik ke kerongkongan penderita akan merasakan sakit dan perih pada perut yang diikuti dengan timbulnya nyeri dan panas pada dada tepatnya pada ulu hati.

Tidak hanya orang yang menderita penyakit asam lambung juga akan merasakan sakit dan nyeri pada tenggorokan hingga sulit menelan serta mulut terasa pahit.

Kondisi tersebut merupakan ciri atau gejala asam lambung utama yang umumnya sering ditemukan dan dirasakan oleh seseorang yang menderita penyakit asam lambung.

Dengan begitu maka sangatlah penting bagi anda penderita asam lambung memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, jangan sampai makanan yang seharusnya di jauhi ( pantangan ) malah anda konsumsi.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Lambung

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Lambung Agar Tidak Kambuh

Berbicara mengenai pantangan makanan bagi penderita asam lambung, berikut ini admin berikan informasinya untuk anda silakan disimak !

Akan tetapi makanan yang menjadi pantangan asam lambung bisa saja berbeda pada setiap orang.

Sehingga tidak semua orang yang menderita penyakit asam lambung pada saat mengkonsumsinya mengalami kekambuhan.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Lambung

Berikut ini adalah beberapa pantangan makanan bagi penderita asam lambung yang tidak ada salahnya jika anda ketahui dan catat untuk mencegah penyakit asam lambung yang anda derita kambuh dan semakin parah, yakni :

#1 Makanan Pedas

Jika anda memiliki riwayat penyakit asam lambung jangan coba-coba untuk mengkonsumsi makanan pedas, mengingat makanan pedas dapat langsung mengiritasi lapisan esofagus dan dapat berkontribusi menyebabkan nyeri ulu hati.

#2 Makanan Berlemak

Meskipun pada dasarnya makanan berlemak termasuk kedalam makanan asam, namun dapat memperlambat proses pencernaan sehingga bisa membuat perut menjadi buncit serta menimbulkan tekanan yang bisa membuat perut mulas.

Beberapa contoh makanan berlemak adalah : Avocad, kacang, keju, daging iga, keripik kentang, kue-kue kering yang mengandung butter dengan kadar lemak tinggi, brownies, donat, gorengan, dan daging berlemak.

#3 Minuman Beralkohol

Konsumsi alkohol dapat meningkat resiko pelemasan otot stingfer esofagus yang jika itu terjadi maka bisa menyebabkan asma lambung naik ke dada dan kerongkongan.

#4 Buah Dan Sayuran Yang Bersifat Asam

Jika anda memiliki penyakit asam lambung maka menjahui makanan atau minuman yang bersifat asam wajib hukumnya bagi anda untuk mengindarinya.

Beberapa contoh buah atau makanan yang bersifat asam adalah sebagai berikut : Jeruk, lemon, anggur, tomat dan salad.

#5 Peppermint

Biasanya peppermint sering dikonsumsi setalah makan dengan tujuan untuk membuat napas menjadi lebih sebar, namun bagi penderita asam lambung hal tersebut kuranglah tepat.

Karena apa ? karena peppermint bisa melemaskan otot sfingter antara perut dan kerongkongan sehingga bisa memicu naiknya asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan.

#6 Kafein

Sebagian orang yang menderita asam lambung merasakan asam lambungnya naik setiap kali mengkonsumsi kopi, soda atau teh. Namun pada sebagian kasus hanya merasakan ketidak nyamanan ketika mengkonsumsinya.

#7 Cokelat

Hampir sama dengan peppermint cokelat bisa menaikkan asam lambung karena dapat melemaskan otot sfingter dan melepaskan asam lambung ke kerongkongan.

#8 Minuman Bersoda

Selain bisa membuat perut menjadi buncit, konsumsi minuman bersoda juga bisa meningkatkan tekanan pada otot sfingter kerongkongan dan menaikkan asam lambung.

Sehingga tidaklah baik jika dikonsumsi oleh seseorang yang menderita penyakit asam lambung.

#9 Makanan yang mengandung banyak gas

Brokoli, kubis, kecambah, susu, dan kacang-kacangan adalah makanan yang menimbulkan banyak gas sehingga memicu perut kembung. Bahan-bahan makanan ini juga dapat beresiko menaikkan naiknya asam lambung bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

sumber : alodokter.com

Baca Juga : Bahaya Asam Lambung

Nah, itulah beberapa pantangan makanan bagi penderita asam lambung yang sebaiknya dihindari dan tidak dikonsumsi oleh ada yang saat ini menderita penyakit asam lambung.

Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan berkunjung di halaman sederhana kami ini dan salam sehat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *