Penyebab Dada Terasa Panas Mual Setelah Makan

Dada terasa panas mual setelah makan mungkin itu salah satu indikasi atau gejala asam lambung, namun selain itu ada beberapa kondisi medis lainnya yang bisa menyebabkan hal tersebut, apa saja hal tersebut atau penyebab dada terasa panas mual ? berikut kami berikan informasinya untuk anda, silahkan disimak !

Dada Terasa Panas Mual

Penyebab Dada Terasa Panas Mual

Ada banyak hal yang menjadi penyebab dada terasa panas mual, hal tersebut disampaikan oleh dokter dr. Arnold Fernando yang kami kutip dari laman alodokter.com

Beliau menjawab salah satu pertanyaan yang disampaikan oleh salah satu pengguna kolom tanya dokter dimana dirinya mengalami keluhan berupa dada teras panas seperti terbakar, mual, kepala, mulut kering, tenggorokan kering dan sering kehausan.

dr. Arnold Fernando menjelaskan bahwa ada banyak hal yang bisa menyebabkan kondisi tersebut mulai dari gangguan saluran pencernaan, saluran pernapasan hingga gangguan jantung dan paru.

Dan lebih rinci dr. Arnold Fernando menyebabkan bahwa kemungkinan penyakit yang diderita atas keluhan yang dialami adalah sebagai berikut :

  • Sakit maag, kondisi sakit maag yang sudah cukup parah akan menyebabkan asam lambung tersebut naik ke saluran cerna bagian atas seperti kerongkongan dan mulut, akibatnya akan terasa panas di kerongkongan yang letaknya sekitar dada, dan mulut terasa kering dan mudah sekali haus, serta lidah terasa asam atau pahit
  • Infeksi saluran pernafasan bagian atas, seperti batuk-batuk, pilek, dan sakit tenggorokan juga akan dapat menyebabkan gejala-gejala tersebut, namun umumnya tidak akan menyebabkan gejala rasa panas di dada.
  • Sakit paru, seperti pneumonia dan tuberkulosis akan dapat menyebabkan rasa sakit dada, disertai batuk, pegal dan meriang.
  • Sakit jantung, seperti angina pektoris mempunyai gejalanya berupa rasa sakit di dada kiri yang dapat menjalar ke lengan
  • Adanya beberapa penyakit bersamaan terjadi, misalnya sedang sakit maag dan juga sedang demam.

Namun lain lagi dengan apa yang disampaikan oleh dr. Muhammad Fadhil dari halaman yang sama menjelaskan bahwa dada terasa panas mual utamanya jika menjalar ke punggung penyebabnya lebih mengarah kepada satu penyakit yaitu gangguan lambung bisa berupa asam lambung naik ( GERD ), maag hingga tukak lambung.

Gangguan lambung tersebut memiliki ciri atau gejala yang hampir sama yakni sebagai berikut :

  1. Mulut terasa asam atau pahit
  2. Sensasi terbakar pada dada dan ulu hati
  3. Merasa seakan-akan ada sesuatu yang mengganjal di kerongkongan saat menelan.
  4. Laringitis (peradangan pada laring atau pita suara yang menyebabkan tenggorokan sakit dan suara menjadi parau).
  5. Batuk kering tanpa henti, terutama di malam hari.
  6. Sakit dada.
  7. Mengi.
  8. Kesulitan dan nyeri saat menelan.
  9. Gigi menjadi rusak.
  10. Kembung dan bersendawa.
  11. Bau napas tidak sedap.
  12. Peningkatan jumlah air liur secara tiba-tiba.

Namun meskipun begitu, beliau menyarankan untuk melakukan pemeriksaan secara medis jika ingin mengetahui penyebab pasti akan keluhan dada terasa panas mual bagi yang mengalaminya, mengingat ada penyakit lain yang memiliki gejala mirip dengan kondisi tersebut seperti : jantung koroner, gangguan fungsional esofagus dan radang esofagus.

Cara Meringankan Dan Mengobati Dada Terasa Panas Mual

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan bahkan disarankan oleh dokter untuk meringankan gejala atau keluhan dada terasa panas mual, yakni :

  • Diet rendah lemak
  • Hindari makanan tertentu seperti kol, sawi, coklat, keju, krim, dll
  • Hindari makan tergesa-gesa
  • Pola makan teratur
  • Hindari kafein dan minuman bersoda
  • Istirahat cukup
  • Hindari langsung berbarin setelah makan. Minimal 2 jam setelah makan baru boleh berbaring.
  • Hindari rokok dan alkohol
  • Berolahraga teratur
  • Manajemen stres dengan baik
  • Konsumsi obat asam lambung

Demikianlah informasi singkat tentang penyebab dada terasa panas mual ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan salam sehat !

Baca Juga :

Nyeri Dada Akibat Asam Lambung
Perut Terasa Panas Dan Mual
Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Lambung
Bahaya Asam Lambung Naik Ke Dada Dan Kerongkongan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *