Bahaya Tukak Lambung

Tahukah anda bahwa bahaya tukak lambung bisa berakibat fatal jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat dan serius, maka dari itu jangan pernah anggap sepele gejala tukak lambung yang anda alami segara atasi dengan tuntas.

Bahaya Tukak Lambung

Waspada ! Bahaya Tukak Lambung Bisa Menyebabkan Kematian

Sistem pencernaan dalam perut kini memiliki fungsi mencerna makanan yang kita konsumsi setiap hari dimana makanan akan dipecah dan dirubah menjadi bagian kecil serta menyerap bagian-bagian tersebut menuju pembuluh darah.

Salah satu organ pencernan dalam sistem pencernaan kita adalah lambung yakni organ berbentuk kantung yang terletak di bagian bawah dekat rongga badan, memiliki fungsi sebagai pencernaan makanan dan menyerap sari-sari makanan.

Lambung rentang terkena penyakit salah satunya adalah tukak lambung yakni kondisi dimana mukosa atau dinding lambung mengalami luka akibat terkikis oleh asam lambung. Selain pada lambung asam lambung juga bisa menimbulkan luka di tenggorokan usus kecil.

Penyakit tukak lambung bisa menyerang siapa saja akan tetapi kasusnya lebih sering dialami oleh pria berusia diatas 60 tahun.

Faktor Penyebab Tukak Labung

Berikut ini adalah 4 faktor utama penyebab munculnya penyakit tukak lambung, yakni :

Alkohol

Orang yang sering mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jangka waktu yang cukup lama bresiko tinggi terkena penyakit tukak lambung.

Rokok

Konsumsi rokok bisa memicu timbulnya luka dilambung ( tukak lambung ), hal tersebut karena adanya pengaruh dari tembakau sebagai bahan dasar rokok set zat kimia yang terkandung didalam rokok. Hingga saat ini sidah banyak penderita tukak lambung dari perokok aktif.

Konsumsi Obat Anti Inflamasi

Jika anda penderita asam lambung dan sering mengkonsumsi obat anti inflamasi non-steroid dalam jangka waktu yang cukup lama maka akan menyebabkan tukak lambung terlebih bagi para lansia.

Stress

Stres sebenarnya bukan menjadi sebab munculnya tukak lambung akan tetapi bisa memicu kambuhnya penyakit tukak lambung jika anda memliki riwayat penyakit tersebut.

Indikasi atau gejala seseorang mengalami tukak lambung adalah akan merasakan nyeri pada perut, hal tersebut muncul sebagai akibat dari terkikisnya mukosa oleh asam lambung, sakit perut akibat asam lambung memiliki karakteristik sebagai berikut :

  • Ketika perut sedang dalam keadaan kosong, sakit akan semakin parah
  • Sakit akan muncul ketika malam hari
  • Sakit akan berkurang sementara jika mengkonsumsi obat penurun asam lambung
  • Sakit akan hilang dalam waktu beberapa hari, namun akan kambuh kembali

Selain sakit perut, penderita penyakit tukak lambung juga akan mengalami beberapa gejala lain yang menyertainya yakni berupa : penurunan berat badan, nafsu makan berkurang, mual muntah hingga warna tinja berubah menjadi kehitaman.

Bahaya Tukak Lambung

Ini yang perlu diwaspadai dari penyakit tukak lambung, yakni penyakit tukak lambung bisa menimbulkan komplikasi berbahaya jika tidak ditangani dan diatasi dengan serius.

Berikut ini adalah bahaya tukak lambung akibat komplikasi yang bisa terjadi ketika tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan yang serius, yakni :

Pendarah Di Dalam Perut

Kondisi ini merupakan hal yang paling sering terjadi dimana pendarahan bisa bersifat ringan hingga parah, dimana penanganannya membutuhkan transfusi darah.

Terganggunya Pergerakan Sistem Pencernaan

Luka pada lambung bisa menyebabkan lambung membengkak atau bahkan membentuk jaringan didalam perut sehingga akan menyumbat dan mengganggu pergerakan saluran pencernaan akibatnya makanan tidak bisa lewat.

Jika kondisi tersebut terjadi maka penderita akan merasa cepat kenyang, berat badan turun hingga mengalami muntah-muntah.

Peritonitis ( Lambung Bocor )

Meskipun jarang terjadi, dalam kasus yang sudah parah penyakit tukak lambung bisa menyebabkan lambung dan usus mengalami kebocoran, dimana kondisi tersebut bisa menimbulkan infeksi serius di rongga perut yang berakibat fatal yakni kematian sehingga dibutuhkan penanganan khusus di rumah sakit jika terjadi.

Bahaya tukak lambung akibat komplikasi sangat rentan terjadi pada lansia berusia diatas 60 tahun. Selain itu komplikasi tukak lambung juga sangat beresiko dialami oleh penderita yang sering mengkonsumsi obat anti inflamasi non-steroid.

Komplikasi akibat penggunaan obat anti inflamasi non-steroid biasanya tidak menunjukan gejala, sehingga penderita sering kali tidak disadari atau tidak bisa diobati.

Penanganan Tukak Lambung

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh penderita penyakit tukak lambung agar tidak bertambah semakin parah, yakni :

  1. Makan dengan teratur, makan dengan porsi kecil namun teratur.
  2. Menghindari beberapa makanan yang dapat meningkatkan produksi asam lambung, makanan yang dimaksud yaitu makanan bercita rasa pedas, minuman yang mengandung kafein, dan hindari rokok.
  3. Istirahat dengan cukup.
  4. Makan dengan santai atau tenang, kunyah makanan sampai benar-benar halus dengan tujuan untuk meringankan lambung ketika bekerja.
  5. Minum susu karena susu dapat menetralkan asam lambung. Selain susu, produk berbahan dasar susu yang bisa dikonsumsi yaitu keju.
  6. Konsumsi obat tradisional tukak lambung

Demikianlah informasi tentang bahaya penyakit tukak lambung ini semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel kami bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *