Bahaya Asam Lambung Naik Ke Dada Dan Kerongkongan

Bagi anda penderita asam lambung, maka inilah bahaya asam lambung yang mengancam anda utama jika asam lambung naik ke dada dan kerongkongan.

Untuk itu sangat penting bagi anda mengetahui ciri asam lambung naik ke dada dan kerongkongan, sehingga pada saat anda mulai merasakan atau menemukannya gejala tersebut anda bisa melakukan penanganan dan pengobatan yang cepat dan tepat.

Dengan begitu maka hal buruk atau bahaya akibat penyakit asam lambung bisa anda hindari.

Berbicara mengenai bahaya penyakit asam lambung, berikut admin berikan informasinya untuk anda silahkan disimak !

Bahaya Asam Lambung

Bahaya Asam Lambung Naik Ke Dada Dan Kerongkongan

Naiknya asam lambung ke dada dan kerongkongan ( GERD ) menjadi salah satu gangguan pencernaan yang paling sering dialami oleh banyak orang.

Kondisi tersebut ditandai dengan munculnya rasa sakit dan perih pada perut yang disertai dengan munculnya rasa panas atau sensasi terbakar pada dada.

Hal tersebut muncul sebagai akibat dari adanya arus balik isi lambung menuju ke dada dan kerongkongan yang disebabkan oleh lemahnya otot yang terdapat di bagian bawah esofagus atau yang dalam istilah medis disebut dengan LES ( lower esophageal sphinchter ).

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab atau pemicu melemahnya LES yakni berupa : stres, konsumsi obat-obat tertentu, kelebihan berat badan, hiatus hernia, keadaan hamil, gastroparesis, atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

Celakanya naiknya asam lambung ke dada dan kerongkongan yang tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan yang serius bisa menimbulkan berbagai macam komplikasi serius ( berbahaya ).

Bahaya Asam Lambung Naik Ke Dada Dan Kerongkongan

Berikut ini adalah beberapa bahaya akibat asam lambung naik ke dada dan kerongkongan jika dibiarkan tanpa pengobatan, yakni :

#1 Kerusakan Gigi

Naiknya asam lambung yang terjadi secara terus menerus dan menyebabkan gigi rusak karena enamel (email) gigi atau lapisan luar gigi yang keras secara bertahap akan terkikis oleh cairan asam yang naik ke mulut.

Kebanyakan orang tidak akan menyadari dirinya mengalami kerusakan gigi hingga akhirnya mencapai stadium lanjut.

#2 Gangguan Pernapasan

Ketika asam lambung naik juga bisa mempengaruhi sistem pernapasan sipenderitanya yakni berupa munculnya sesak napas hingga kesulitan bernafas.

Kondisi tersebut akan semakin parah jika sipenderita memiliki riwayat menderita penyakit asma atau pneumonia.

#3 Radang Tenggorokan

Pada saat asam lambung naik dan menjangkau kerongkongan maka bisa menyebabkan kerongkongan mengalami iritasi sehingga menimbulkan peradangan.

Kondisi tersebut ditandai dengan munculnya rasa sakit pada tenggorokan hingga sulit menelan.

Peradangan yang terjadi pada tenggorokan secara terus menerus dapat memicu timbulnya borok atau luka di kerongkongan, dan striktur esofagus (penyempitan kerongkongan).

Dan kondisi tersebut tentu berbahaya.

#4 Esofagus Barrett

Esofagus Barrett merupakan kondisi serius dari penyakit asam lambung.

Hal tersebut bisa terjadi jika penyakit asam lambung yang diderita terjadi selama bertahun-tahun tanpa pengobatan dan penangan yang serius.

Esofagus Barrett adalah kondisi dimana jaringan normal yang melapisi esofagus berubah menjadi jaringan yang menyerupai lapisan usus.

Kondisi tersebut bisa menimbulkan dan meningkatkan risiko terjadinya kanker esofagus yang dapat menyebabkan kematian.

#5 Kanker kerongkongan

Dalam kasus yang lebih serius naiknya asam lambung ke dada dan kerongkongan bisa menyebabkan kanker kerongkongan.

Resiko tersebut akan meningkat jika menderita asam lambung selama bertahun-tahun dan berusia diatas 50 tahun.

Segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan lebih serius jika menderita asam lambung di ikuti dengan kondisi penurunan berat badan hingga nyeri di dada dan sulit menelan.

Mengingat hal tersebut merupakan salah satu indikasi dari penyakit kanker kerongkongan.

Demikianlah informasi singkat tentang bahaya asam lambung naik ke dada dan kerongkongan ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

Terima kasih sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana ini, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel singkat ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *